Kamis, 09 Juni 2011

Ayam dan kura-kura


LANDOKE-NDOKE Ke MANU
Pada zaman dahulu, kera dengan ayam bersahabat erat.Suatu waktu kera memanggil sahabatnya untuk berjalan-jalan menyaksikan keindahan alam.
Karena asyiknya mereka lupa bahwa hari sudah sore.Pada saat itu kera telah merasa lapar benar.
Tiba-tiba kera berkata ‘’ Apa itu yang lewat ‘’.Mendengar itu ayam berpaling ke belakang. Pada saat itulah kera langsung menangkap ayam sambil berkata ‘’saya akan makan kamu sekarang ‘’, seraya mencabut bulu ayam dengan  cepatnya.
Saat itu ayam belum bergerak.Ia mengumpulkan tenaga. Setelah cukup tenang perasaannya ia berontak dengan kuatnya. Akhirnya terlepas dari tangan kera. Ayam berlari mencari sahabatnya yang lain. Tak lama kemudian bertemu dengan kepiting.Ayam berkata, sedang mengapakah engkau sahabatku? ‘’ kepiting menjawab :’’ sedang duduk dan beristirahat ‘’ jawabnya , kalau engkau ayam mengapa sampai di sini’’, tanyanya, kemudian ayam datang mendekat, duduk disamping kepiting. Mendengar semua itu, kepiting member i tahu ayam agar dia bersabar saja, jangan risau dengan hal itu.
Keesokanya harinya kepiting dengan ayam pergi berjalan-jalan ditepi pantai.Tidak lama antaranya mereka melihat sahabatnya burung Bangau sedang asyik naik perahu. Setelah dekat mereka berkata : Bolehkah kami ikut bersamamu hai Burung Bangau?. Burung Bangau menyetujui permintaan mereka , hanya saja mereka harus tahu, bahwa perahunya mudah terbalik.
Akhirnya mereka naik bertiga.
            Belum jauh berdayung mereka dilihat oleh kera sahabat ayam tadi.Ia mendekat pantai sambil bertanya: ‘’ Hendak kemana kalian bertiga?’’ Kami akan memetik buah manngga di seberang. Kera berkata lagi :’’bolehkah dengan saya?’’. Mendengar itu perahu burung bangau mendekat ke tepi, lalu kera naik dengan gembira dan senang hati.
            Kemudian sampan kembali didayung menuju ke tengah. Dalam jarak yang kurang lebih kedalaman satu depan ayam berkokok sambil kentut didepan kera. Mendengar itu kera menoleh kebelakang sambil tertawa dan bergoyang.
            Pada saat itu akhirnya sampan mereka terbalik langsung tenggelam.Kepiting menyelam ke dasar laut, ayam dan burung bangau terbang ke darat dan kera terpaksa menemui ajalnya karena tidak dapat berenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar