Jumat, 03 Juni 2011

tula-tula molengo

TE ASALA U NGAA U LIYA


I molengo ai ane ke anabou, te ia iso o pande safun-safu te dagono, I laro u safun-safu a iso te dagono  o lapa, ahirino o vila o dagae na manuno iso, i laro u hengalo a un dagono iso kamaba te dagono iso i maso i laro u loba. Podimbula o Maeka i maso a  kua laro uloba iso, toka ahirini o maso kua laro u loba iso, parantai o maeeka maka o havaso e te amano ara o tokabi na dago iso.
Sa masono i laro u loba iso, o torusu no laha te dagono iso, toka eka no avae i laro u loba iso. Parantai o kalumo i laha a nu dagono iso, o elo akomo te kaluara a mini laro u loba iso. Toka eka no ava e na tongusala ako tevaliakoa ara o molingumo. O lahan torusu te tonga sala toka eka no avae na tongusala iso. Pia olomo na ia i laro un oba iso, te ia o namisi moaromo, parantai elaa na imanga i laro iso, dari malingu u rumapi di irunguno o managamo teatu alaa. O molengompuumo i laro u loba iso. I alro u vila-vila a no ita te mbena ( liya-liya )mini vavo, parantai no ita te mbena, dari no vilaisi e na mbena iso, saratono i mbena iso no ita te oloo. No kara-karau toka mbea e namia un morodongo e. torusu na ia iso no patogee na liya-liya iso te vatu, te vatu iso no paka-paka ako te loba ki i –ki i iso, kambeda te vatu i paka-paka akono iso no rodongo e te mia lumalo.ahirino te mia iso o laha te asala nu lua a iso. Ahirino no awa e te mia iso, i laro u loba. No ema e te mia iso “ un ha a i laro un lobatu” no balaomo na ia iso kua “tulu aku, pakaluara aku lagi,  a iaku ana ku molingu” te ia iso torusu no elo te mia u kampo, maka no pato oge emo na loba iso (liya-liya). Sa ita leama akono, te mia u kampo no mente, parantai te ia no sagiu, te urungono no mohute, te dangguno ke hutuno o melangka. O ema te mia u kampo kua te emai naiko  o ana, no balo na ia kua “ a iaku ana ku laha te dagosu toka eka ku avae” o emamo uka na mia u kampo “ u ura-ura i umpa, te emai na mansuana u, torusu no balo e kua “ te ura-ura asu i ana, te masu te iana, te ianasu te iana, te ikaka ke iaisu te iana”  te mia no mente di balono iso parantai te iaiso no bokeomo i i ana mansuanano.
Pasi iatu no bawa emo te mia u kampo kua vunua i ngano iso. Sa ratono i vunua te amano ana no mente, parantai no molengomo no togabi o anu kua no matemo. Ahirino no ema e uka te asala no. Parantai te balono o Kobe, dari te amano no parasaea, torusu no pokupu te amano iso. Pia olomo i vunua ahirino o mate n amia mini liya-liya  iso.



ASAL USUL NAMA LIYA


Dulu ada seorang anak yang sering, menyabung ayam jagonya, dan pada saat ia menyabung ayamnya tiba-tiba ayamnya lepas. Dan iapun mengejar ayamnya itu. Ternyata ayamnya mauk kedalam gua, awalnya ia takut untuk masuk kedalam, namun karena ia takut dimarahi oleh ayahnya, maka pada akhirnya ia memberanikan diri untuk masuk ke dalam gua tersebut.
Stelah ia masuk kedalam gua tersebut, ia langsung mencari ayamnya, anamun ia tak menemukan ayam tersebut di dalam gua, setelah ia lelah, iapun memutuskan untuk keluar dari gua itu, akan tetapi ketika ia mau keluar ia tak menemukan jalan keluar, iapun tersesat di dalam gua tersebut. Namun  ia terus mencari danmencari jalan keluar tapi ia tak menemukannya juga. Setelah berhari-hari di dalam gua, iapun meras lapar, karena tidak ada makan di dalam gua tersebut, maka yang ia makan adalah apapun yang menempel di badannya. Setelah sekian lama ia tersesat di dalam gua itu ia melihat cahaya, setelah ia pergi ke cahaya itu, ia melihat matahari, dan ia berteriak ke luar namun tak ada seorangpun yang mendengarnya. Iapun memutuskan untuk memperbesar lubang kecil itu (liya-liya) dan ia mukul-mukulkan batu itu ke lubang itu, dan tiba-tiba ada salah seorang penduduk desa yang mendengar suara dari batu itu, iapun mencari sumber bunyi itu, setelah ia menemukannya, ia bertanya kepada orang itu ” apa yang kau lakukan di dalam gua itu ” iapun menjawab ” tolong keluarkan saya dari gua ini, aku sedang tersesat, akhirnya ia pergi memanggil penduduk desa, setelah tiba mereka langsung memperbesar lubang tersebut  (liya-liya), setelah mereka melihatnya mereka kaget dan heran karena, badannya terlalu putih, jenggot dan rambutnyapun terlalu panjang. Penduduk desa bertanya padanya ” kamu dari mana? ” ia menjawab ” saya mencari ayam saya di dalam gua ini, tapi tidak menemukannya, dan ipun ditanya sekali lagi ” tinggal dimana dan siapa orangtuamu” iapun menjawab ”  orang tuaku namannya ini dan rumahku disini”. Namun penduduk desa heran karena ia lebih tua dari orang tua yang ia sebutkan.
Kemudian iapun dibawa ketempat yang ia katakan, setelah tibadi rumah orang tuanya, keluarganya heran karena mereka kira dia telah meninggal, iapun ditanya sipa nama ayahmu, adikmu ibumu, dan sekeluruh keluarganya ia tanyakan, dan jawaban yang ia berikan benar, merekapun saling berpelukan. Setelah beberapa hari ia tinggal dirumah, akhirnya ia meninggal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar